Sorce Code :
<?xml version="1.0" encoding="utf-8"?>
<resources>
<string name="hello">Konversi Mata Uang Rupiah</string>
<string name="app_name">Konversi Rupiah</string>
<color name="myColor">#A3C65B</color>
<string name="buttonHandler">myClickHandler</string>
<string name="usdollar">US Dollar</string>
<string name="jpnyen">Japan Yen</string>
<string name="ausdollar">AU Dollar</string>
<string name="calc">Kalkulasi</string>
</resources>
Masuk folder res > layout, editlah file main.xml (double click), Pada bagian ini kita akan menambahkan komponen yang akan membentuk layout aplikasi (Tambahkan sebuah EditText, sebuah RadioGroup, tiga buah RadioButton, dan sebuah Button.
<?xml version="1.0" encoding="utf-8"?>
<LinearLayout xmlns:android="http://schemas.android.com/apk/res/android"
android:orientation="vertical"
android:layout_width="fill_parent"
android:layout_height="fill_parent"
android:background="@color/myColor">
<EditText android:id="@+id/EditText01" android:layout_height="wrap_content" android:layout_width="fill_parent" android:inputType="numberSigned|numberDecimal"></EditText>
<RadioGroup android:id="@+id/RadioGroup01" android:layout_width="wrap_content" android:layout_height="wrap_content">
<RadioButton android:id="@+id/RadioButton01" android:layout_width="wrap_content" android:layout_height="wrap_content" android:text="@string/usdollar" android:checked="true"></RadioButton>
<RadioButton android:id="@+id/RadioButton02" android:layout_width="wrap_content" android:layout_height="wrap_content" android:text="@string/jpnyen"></RadioButton>
<RadioButton android:id="@+id/RadioButton02" android:layout_width="wrap_content" android:layout_height="wrap_content" android:text="@string/ausdollar"></RadioButton>
</RadioGroup>
<Button android:id="@+id/Button01" android:layout_width="wrap_content" android:layout_height="wrap_content" android:text="@string/calc" android:onClick="@string/buttonHandler"></Button>
</LinearLayout>
Setelah membuat menentukan property dan layout komponen, maka langkah selanjutnya adalah menambahkan logika pemrograman pada file Convert.java;
package konversi.rupiah;
import android.app.Activity;
import android.os.Bundle;
import android.view.View;
import android.widget.EditText;
import android.widget.RadioButton;
import android.widget.Toast;
public class Convert extends Activity {
private EditText text;
/** Called when the activity is first created. */
@Override
public void onCreate(Bundle savedInstanceState) {
super.onCreate(savedInstanceState);
setContentView(R.layout.main);
text = (EditText) findViewById(R.id.EditText01);
}
public void myClickHandler(View view) {
switch (view.getId()) {
case R.id.Button01:
RadioButton usdollarButton = (RadioButton) findViewById(R.id.RadioButton01);
RadioButton jpnyenButton = (RadioButton) findViewById(R.id.RadioButton02);
RadioButton ausdollarButton = (RadioButton) findViewById(R.id.RadioButton03);
if (text.getText().length() == 0) {
Toast.makeText(this,"Silahkan isi Angka yang benar!", Toast.LENGTH_LONG).show();
return;
}
float inputValue = Float.parseFloat(text.getText().toString());
if (usdollarButton.isChecked()) {
text.setText(String.valueOf(convertRupiahToUSD(inputValue)));
} else if (jpnyenButton.isChecked()){
text.setText(String.valueOf(convertToJPY(inputValue)));
} else if (ausdollarButton.isChecked()) {
text.setText(String.valueOf(convertToAUD(inputValue)));
}
}
}
// Konversi ke USD
private float convertRupiahToUSD(float usd) {
return (usd * 9000);
}
// Konversi ke JPY
private float convertToJPY(float jpy) {
return (jpy * 110);
}
// Konversi ke AUD
private float convertToAUD(float aud) {
return (aud * 8300);
}
}
0 komentar:
Posting Komentar